Cara Untuk Menginstall Windows 7 Lewat USB Flashdisk


Hai apa kabar teman2 sekalian? Ini artikel pertama di blog ini, dan di artikel ini saya mau share tentang bagaimana Cara Untuk Menginstall Windows 7 Lewat USB FlashdiskMungkin udah banyak banget artikel yang bahas tentang cara2 menginstall windows melalui USB flashdisk.
Cara Untuk Menginstall Windows 7 Lewat USB Flashdisk
USB Flashdisk

Menurutku Menginstall Windows melalui USB flashdisk itu ternyata banyak keuntungannya dibanding lewat CD / DVD, Kita gak perlu khawatir sama CD atau DVD yang gak kebaca sama CD/DVD-ROM, CD /DVD yang lecet / tergores, kadang bikin kita sulit dalam proses penginstallan windows. sedangkan melalui Flashdisk, hal yang demikian ngga lah perlu terjadi lagi.

Saya akan menunjukkan 2 cara bagaimana caranya untuk menginstall Windows 7 lewat Flashdisk ( secara manual dan otomatis )
Sebelum kita mulai, yang perlu disiapkan adalah: paling tidak satu buah Flashdisk dengan kapasitan 4Gb. boleh lebih kok, soalnya Windows 7 paling gak mengambil space sekitar 3Gb.

Oke kita langsung masuk aja ke Cara Manual Menginstall Windows melalui USB flashdisk :
  1. Masukin USB Flaskdisk kamu ke dalam lubang, lubang port USB maksutnya, bukan lubang yang lain ya hehehe.
  2. Lalu Pencet Tombol WIN+R, terus ketikan cmd dan klik OK. Atau klik Start – All Program – Accessories – Command Prompt.
  3. Ketik diskpart dan tekan ENTER.
  4. Ketik list disk, tekan ENTER terus pilih yang mana USB flashdisk kamu. hati2 ya jangan salah pilih, ntar salah2 yg keformat adalah disk yang lain. kalau kamu cuma punya 1 harddisk brarti USB flaskdisknya adalah disk1.
  5. Kemudian ketik select disk 1 dan tekan ENTER.
  6. Kalau udah, kamu ketikan clean dan tekan ENTER.
  7. Selanjutnya ketik create partition primary lalu tekan ENTER.
  8. Terus ketik select partition 1 dan tekan ENTER.
  9. Masih ngetik2 nih, sekarang ketikan active dan tekan ENTER.
  10. Nah, sampai sini udah. Tinggal di format aja, caranya ketik format fs=fat32 trus pencet ENTER.
  11. Terus ketikin assign lalu ENTER
  12. Nah, sampai sini udah beres tinggal keluar trus lanjutin tahap berikutnya. Caranya ketik exit lalu ENTER.
  13. Sekarang kamu masukin disk DVD windows 7 kamu, terus copy semua isi DVD tadi ke USB Flaskdisk kamu.
  14. Terus buntingin dah tu komputernya, eh salah. Maksutnya Booting komputer nya melalui USB Flashdisk. setting lewat bios, pastiin ya kalau boot nya melalui USB Flashdisk, kalo langkah2nya betul, maka proses instalasi windows harusnya berjalan melalui USB Flashdisk.

Sekarang Cara Otomatis Menginstall Windows melalui USB flashdisk :

Cara otomatis yang ini yang pernah saya pake, udah programnya. namanya WinToFlash, program ini akan melalukan langkah2 kaya cara manual diatas. yang perlu kita lakuin cuma tinggal menjalankan programnya, pilih sumber windows 7 dan arahnya USB flashdisk.
  1. Awalnya Download dulu program WinToFlash versi terbaru (bisa cari di mbah google). Kalo udah tinggal diekstrak lalu jalankan file WinToFlash.exe
  2. Tekan tombol “Check” dan kemudian mulailah proses Windows setup transfer wizard. Kalo udah diklik “Next
  3. Trus pilih lokasi file Windows 7 dan lokasi USB Flaskdisk. Trus klik “Next”.
  4. Nyampe sini , kamu pilih “I Accepted the terms of the license agreement” dan klik “Continue
  5. Klik OK untuk memulai memformat USB Flashdisk. Disini programnya akan otomatis ngirim file2 windows 7 ke USB Flashdisk.
  6. Lalu klik “Next” kalo udah selesai peng-copy-annya, dan booting komputer kamu lewat USB Flashdisk tadi. Udah beres deh nginstalnya. kalo cara-caranya bener, maka proses instalasi windows seharusnya berjalan melalui USB Flashdisk.
Beres sudah pembahasan tentang trik bagaimana caranya untuk menginstall Windows 7 lewatFlashdisk. Dan untuk menguji apakah USB flashdisk / DVD windows kita berhasil atau gak. Kamu bisa pake Tools yang namanya MobaliveCD. Apabila ada kekurangan atau kelebihan dari cara saya menyampaikan. Saya mohon maaf, selamat mencoba, selamat belajar dan sukses selalu buat kalian :)

0 comments:

Post a Comment